Selasa, 14 Agustus 2018

Bagai mana memilih konsumen.

 Anda yang Memilih Konsumen atau Sebaliknya?

 August 11, 2018

 Joko Susilo 

 Start and Grow Your Business

138 Comments

Dalam sebuah perbincangan dengan teman, kami asyik ngobrolin soal bisnis yang sukses. Sampai kemudian teman saya itu mengambil kesimpulan begini:

Usaha atau bisnis yang sukses itu bisa dilihat dari bagaimana cara mendapatkan konsumen. Usaha yang sukses itu mereka yang memilih konsumen. Mereka sangat selektif memilih siapa konsumen mereka. Sebaliknya, usaha atau bisnis kebanyakan, konsumenlah yang memilih mereka.


Hmm… dipikir-pikir ada benarnya juga.

Teman saya itu kemudian melanjutkan. Cobalah tengok usaha-usaha terkenal, misal butik-butik mahal, mereka tahu benar siapa yang menjadi target market mereka. Mereka sudah mendefinisikan dengan jelas siapa yang akan menjadi pemakai produk mereka. Mulai dari produk, desain display produk sampai harga produk pun dirancang sedemikian rupa guna mengarahkan kepada target pasar yang diinginkan. Sedangkan usaha kebanyakan mungkin lebih tak jelas siapa target pasarnya. Prinsip utama yang dipegang: siapapun yang penting laku!

Lantas apa bedanyaApa pengaruhnya?

Teman saya ini menjelaskan. Jika kita memilih konsumen yang layak menjadi konsumen kita, itu artinya anda memilih berbisnis dengan orang yang memang anda anggap pantas menjadi konsumen anda. Efeknya, usaha yang anda lakukan pun memiliki standar mutu. Produk yang anda bikin pun dibuat berdasarkan target konsumen ini. Sehingga harapannya konsumen anda ini benar-benar puas dengan karya anda. Jadi, anda puas karena mendapatkan konsumen yang sesuai harapan anda, begitupun sebaliknya konsumen puas mendapatkan produk seperti yang diharapkannya. Ini pun akan berpengaruh terhadap branding bisnis anda.

Berkebalikan dengan yang pertama, jika kita kurang selektif dalam memilih konsumen, mungkin anda akan mendapatkan konsumen yang tak masuk kriteria. Khawatirnya itu bisa mempengaruhi dalam proses menghasilkan karya terbaik dan mungkin mengaburkan branding bisnisanda.

Tentu hal semacam ini lebih mudah diomongkan daripada dipraktekkan.  Apalagi untuk usaha kecil yang masih merangkak dan membutuhkan perputaran modal yang cepat.

Namun apapun itu, pesan yang saya tangkap dari diskusi dengan teman saya tadi adalah pentingnya kita bagaimana memilih target market: siapa yang anda targetkan menjadi konsumen. Harapannya dengan begitu, sedari awal anda bisa memfokuskan semua elemen bisnis yang anda jalankan mengarah ke target market tersebut. Sehingga anda senang karena menyediakan produk berkualitas dan mendapatkan keuntungan yang lumayan. Konsumen pun senang mendapatkan produk sesuai standar yang diinginkan. Anda happy, konsumen juga happy!

Ada komentar?

Tags:

kepuasan konsumen

konsumen

mendapatkan konsumen

pasar konsumen

Start and Grow Your Business

target market

Related Posts

7 Catatan Kecil tentang Produk Gagal February 04, 2017

8 Tips Menjalankan Bisnis Online dari Rumah December 30, 2017

Siap Meledakkan Bisnis Anda di Tahun 2012? April 09, 2018

138 Comments. Leave new

Dapatkan manfaat air Alkali untuk kesehatan tubuh dan merawat kecantikan.

Reply

Temukan manfaat air Alkali untuk kesehatan tubuh dan merawat kecantikan sambil mendapatkan penghasilan tambahan keluarga tanpa batas…..

Cara mudah menghemat air untuk kebutuhan keluarga

Reply

Di musim kemarau air bersih sangat sulit untuk menghemat air temukan cara nya sambil meraih uang tambahan keluarga

Solusi hidup zaman now suka atau tidak.......

Reply

Butuh paket internet dan pulsa praktis donload aplikasi bebas bayar dan daftar sekarang gratis aktivasi cukup deposit 10 rb ikuti sistemnya

Gabung besama kami join yang menguntungkan

Reply

Sitiap usaha butuh modal walau hanya sedikit lalu jalankan secara konsisten jangan lupa ajak teman teman…….

Gabung bersama Bukalapak yang menguntungkan

Reply

Banyak usaha banyak untungnya modal action secara konsisten saya mengajak tema registrasi sekarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar